Membahas seputar informasi jalur puncak 2, tempat wisata di puncak 2, potensi bisnis, tanah dijual dan villa dijual di jalur puncak 2

Pembangunan Jalur Puncak 2, Sentul-Cipanas

puncak 2
Pembangunan Jalur Puncak II sepanjang 47 Km yang dimulai awal Februari 2013 lalu melesat dari target. Semula pemerintah menargetkan pembangunan jalan yang menghubungkan Sentul, Kabupaten Bogor – Cipanas, Kabupaten Cianjur ini rampung 2014, namun tebentur pembebasan lahan  sehingga target penyeselesaian diundur 2016.
Sampai Senin, pembangunan jalan  ini baru sebatas mengaspal jalan sepanjang 2 km di Desa Hambalang, Kecamatan Babakan Madang. Padahal pengasapalan ditarget 10 km, sisanya masih tanah yang sedang diratakan.  Selaan itu masih dilakukan pengerukan tanah  antara Kecamatan Sukamakmur dan Kecamatan Cariu sepanjang 15 km.
“Kita masih terbentur dengan pembebasan lahan, sehingga pengerjaan juga tersendat. Kita targetkan 2016 jalan akan bisa digunakan,,” ujar Kepala Dina Tata Ruang dan Pertnahana Kabupaten Bogor Burhanudin, Senin (3/2).  Diakuinya anggaran pembebasan lahan  sudah didrop dari Kementerian PU  Rp30 miliar, namun terdapat beberapa lahan yang belum dibebaskan termasuk tanah sepanjang 3,2 km milik Perhutani.
Sedangkan lahan beberapa warga yang belum dibebaskan, kini berada dalam genggaman biong tanah. Alhasil harga tanah melonjak tinggi semenjak direncanakan pembangunan Jalur Puncak II  awal 2010 lalu. Harga tanah di sekitar jalur ini kini meroket.
Zaenal menambahkan, hingga kini ada sekitar 500 sampai 700 meter lahan warga Pasiripis, Desa Cibadak yang belum dibebaskan. Lahan tersebut merupakan lahan produktif yang dimiliki 10 sampai 15 pemilik lahan. “Hingga kini sedang dalam negosiasi agar ada kesepakatan antara pihak ketiga (perusahaan penghibah) dengan pemilik lahan,” jelasnya.
Sejumlah warga mengaku, sejak diwacanakan pembangunan Jalur Puncak II, warga Jakarta berkantong duit sering datang ke desa mereka di Kecamatan Sukamakmur dan Cariu. “Mereka menayakan tanah yang mau dijual,” kata Dandang, warga Desa Cibadak, Kecematan Sukamakmur. Banyak warga sekitar  yang menjual sebagian tanahnya. “Kita senang dibangunnya jalan ini, sebab selama ini daerah kami  terisolisir, jika jalur ini ini selesai pasti akan meningkatkan perekonomian warga,” ujarnya. (iwan/yo)
Source :poskotanews
0 Komentar untuk "Pembangunan Jalur Puncak 2, Sentul-Cipanas"

Back To Top